Minggu, Juli 26, 2009

Resep Gulai Kepala Ikan Kakap

Hi... jumpa lagi ...!
Udah coba Salmon panggangnya ?
Sekarang saya juga masih ingin menyajikan masakan dari ikan....,kali ini dengan bumbu tradisional yang telah lama
terkenal di Resto Padang yupss...Gulai Kepala Ikan Kakap..!

Ikan sangat menyehatkan untuk tubuh kita .....Hmmm bumbu gulai santannya disantap secukupnya saja yaa...
kali ini memang agak banyak kandungan kolesterolnya ,sebab saya menggunakan santan kental.
Simak berikut ini ,

Bahan-bahan

* 850 gram kepala ikan kakap, potong jadi 2
* 10 lembar daun salam
* 1 batang sere, memarkan
* 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, ikat
* 750 cc santan
* 2 sendok makan kelapa parut, sangrai, tumbuk halus
* 3 sendok makan minyak
* 5 buah belimbing sayur, belah jadi 2
* 1 sendok makan air jeruk nipis
* 2 sendok teh garam
* 15 buah cabai merah
* 1 cm kunyit, cincang
* 1 cm jahe, cincang
* 7 siung bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 1 sendok makan ketumbar, sangrai
* 1/2 sendok teh jinten, sangrai
* 1/4 sendok teh adas manis, sangrai
* 1/2 sendok teh merica bubuk
* 1 sendok makan asam

Cara membuat
Lumuri kepala ikan kakap dengan air jeruk nipis dan 1/2 resep garam hingga rata, biarkan 1/2 jam, tiriskan, lalu lumuri dengan kelapa tumbuk hingga rata, sisihkan.

Haluskan cabai merah, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, adas manis, merica bubuk, asam, dan 1/2 resep garam.

Gulai kepala ikan kakap


Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan, sere, dan daun pandan hingga harum, lalu tuangi santan, aduk rata, didihkan.

Masukkan daun salam, belimbing sayur, dan kepala ikan kakap serta kelapa tumbuk, aduk rata, lalu masak dengan api sedang sampai seluruhnya matang dan kuah agak berminyak sambil sekali-sekali diaduk, angkat



---- Advertorial----

====================
RENDANG  PADANG















Redang Padang Siap Saji, dalam kemasan Praktis
isi bersih : 500 gr
Harga : rp.140.000,-  (belum Ongkir )

Kami menggunakan fasilitas kurir  JNE dan TIKI   Sehari sampai.

Silakan kunjungi : www.rendangmia.com:
.













8 komentar:

Pondokku 4 Agustus 2009 17.34  

Wow... banyak resep yang sedap sedap. Hemmm bikin tambah selera makan nih.

Tks ya infonya.
Link blog ini saya pasang juga di blog pondokku.

Pakde Cholik 5 Agustus 2009 18.54  

Wah, ini menu kesukaan saya deh. Walau agak mahal tetap kupilih jika makan di warung padang, soalnya sadap dan nikmat.
Tapi nggak boleh banyak2 makan kuahnya ya...amboi...nikmat benar.
Thanks ya mbak masakannya.

Eh, nama Arizona mengingatkan tahun 1983 saat saya sekolah di Forthuachuca-Arizona.

Salam dari Surabaya.

budiawanhutasoit 6 Agustus 2009 16.56  

rasanya emang yummy banget...tapi jgn berlebihan..krn menggunakan santen..jadi kolsterolnya lumayan banyak..

Anonim 12 Februari 2010 10.39  

ini rasanya maknyusss banget top deh.
pak/bu saya izin copy-paste resepnya ya...terima kasih.

upskangasep 1 Mei 2010 11.03  

wah...aku suka banget deh sama gule kepala ikan ini,mantab...mantab....?
by shasimi.com

miss riweuh 3 Februari 2011 10.41  

bumbunya banyak yaa.....

surya "YAYA"prima 13 Agustus 2011 11.45  

uwenaaak tenaaaaann.....

obat jerawat herbal 11 Januari 2013 09.25  

mksih y gan.

Followers

Follow by Email

  © Blogger template 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP